Senin, 09 Desember 2013

Ini Dia 5 Film yang Terinspirasi Kisah Nelson Mandela.

SIAPAPUN pasti setuju jika perjalanan hidup Nelson Mandela mengundang decak kagum dan menginspirasi banyak orang, termasuk kalangan Hollywood. Karena itu tak heran jika kisah hidup  revolusioner anti-apartheid itu diangkat ke layar kaca. Terhitung sedikitnya terdapat lima judul film yang dibuat berdasarkan penggalan kehidupan presiden kulit hitam di Afrika Selatan itu.
51471. Film pertama adalah film biografi berjudul “Long Walk to Freedom”. Film yang disutradai  Justin Chadwick ini mengadaptasi sebuah buku karya Nelson Mandela yang dipublikasikan tahun 1994 dengan judul yang sama. Adapun naskah filmnya ditulis oleh William Nicholson.
Tokoh Mandela sendiri diperankan aktor Idris Elba, yang sebelumnya dikenal sebagai Russell ‘Stringer’ Bell di serial TV “The Wire”.
Film ini berkisah mengenai kehidupan nyata sang mantan presiden Afrika Selatan itu mulai dari kecil hingga saat ia mendekam di penjara selama 27 tahun sebelum berhasil mencapai tujuannya menghilangkan politik apartheid kala itu.
Film ini dirilis di dua hari pasca kepergian Nelson Mandela selama-lamanya.
invictus-Warner-Bros.-Pictures2. Film kedua berjudul “Invictus” yang juga merupakan film biografi. Hanya saja berbeda dengan “Long Walk to Freedom”, film arahan sutradara kawakan Clint Eastwood ini hanya menceritakan secuplik kisah Nelson Mandela. Yakni dengan mengambil momen Afrika Selatan menjadi tuan rumah pertandingan rugby di tahun 1995. Momen ini istimewa karena saat itu Mandela menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika selatan, sekaligus menandai berakhirnya apartheid di Afrika.
Meski ceritanya hanya berkutat pada pertandingan rugby, namun film ini memiliki cerita yang menarik. Sebab, selain menggabungkan kisah politik dengan cerita olahraga dan menyajikannya berdasarkan fakta, bukan fiksi semata, film ini juga menunjukkan kekuatan puisi Mandela dalam mewujudkan perdamaian anatara penduduk kulit putih dan hitam yang kala itu masih terpengaruh sisa-sisa politik apartheid.
Film ini diperankan Morgan Freeman sebagai Nelson Mandela dan Matt Damon sebagai Francois Pienaar, kapten tim rugby Afrika Selatan kala itu, Springboks.
winnie-the-movie3. Film ketiga adalah “Winnie”. Meski tak menceritakan langsung kehidupan Nelson Mandela, namun film ini juga terisnpirasi oleh kehidupan tokoh yang senang memakai kemeja Batik itu. “Winnie”, menceritakan kisah istri Nelson Mandela, Winnie Mandela dan juga perjalanan cinta keduanya sebelum akhirnya resmi menjadi suami istri.
Film yang diperankan Jennifer Hudson (Winnie) dan Terrence Howard (Mandela) ini memperlihatkan perjuangan seorang istri yang harus belajar untuk bertahan hidup sendiri ketika suaminya ditangkap dan dipenjarakan pada tahun 1962. Bahkan ia pun pernah menjadi tahanan politik dan ditahan di penjara isolasi selama hampir dua tahun.
Setelah keluar dari penjara Winnie melajutkan apa yang telah dilakukan oleh suaminya yaitu menjadi simbol perjuangan anti apartheid di Afrika Selatan. Akan tetapi, reputasi Winnie kemudian menjadi buruk setelah ia dihubungkan dengan pembunuhan anak berusia 14 tahun yang diduga seorang informan oleh seorang pengawal. Meskipun pada akhirnya hukumannya dapat dikurangi dengan denda namun perjuangan Winnie tentang kesetaraan dan mencari keadilan untuk orang yang dicintainya tetap dia lanjutkan.
MPW-296404. Film selanjutnya berjudul “Goodbye Bafana”, yang menceritakan kisah Nelson Mandela saat menjalani kehidupan di penjara selama 27 tahun. Di film tersebut terkuak bahwa Mandela memiliki teman seorang sipir penjara yang idealis dan baik hati. Sipir ini pun kemudian menjadi Mandela.
Hubungan keduanya terbilang istimewa, karena pada saat itu sesama tahanan pun dilarang untuk menjalin pertemanan. Dikemas dengan latar yang sangat mendukung, membuat film ini wajib Anda tonton untuk lebih memahami kisah kehidupan nyata sang inspirator, Nelson Mandela.
5. Film terakhir adalah sebuah film yang ditayangkan di stasiun televisi Afrika yang menceritakan Nelson Mandela dan juga F. W. de Klerk. Kedua tokoh politik ini merupakan sosok yang sangat berpengaruh dalam jatuhnya rezim apartheid yang saat itu terjadi di Afrika Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar